MENGENAL RISET PEMASARAN
1. PENGERTIAN RISET
a. Sekaran à riset sbg bagian pemecahan suatu masalah. Riset adalah proses menemukan solusi terhadap suatu masalah setelah melakukan suatu studi dan analisis faktor-faktor situasi
b. M. Nazir à riset adalah pencarian pengetahuan dan pemberiartian terus menerus terhadap sesuatu
c. Hadari Nawawi à riset mrpk usaha menemukan kebenaran obyektif, dimana prosedur dan proses berpikirnya dilakukan secara sistematis, teratur dan tertib.
2. RISET DASAR Dan RISET TERAPAN
a. Riset Dasar (basic research) umumnya dilakukan oleh para ilmuwan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, tanpa mengutamakan manfaat praktis ilmu yang dikembangkan itu.
b. Riset Terapan (Applied Research) adalah penelitian yang hasilnya diharapkan dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menyelesaikan suatu masalah.
3. JENIS-JENIS RISET BERDASARKAN BIDANGNYA
a. Riset Bidang Eksakta : Biologi, Kimia, Astronomi dll. Dikenal dg keteraturan dan kepastiannya, maka tidak dikenal Konsep (asumsi)
b. Riset Bidang Social : Riset ekonomi, Riset Perubahan Sosial, Riset Budaya, Riset Bisnis, Riset Poltik dsb. Terkenal dg ketidakteraturannya, data-data yg tdk eksak dan fenomena yg tdk bisa dikontrol.
4. RISET PEMASARAN
Riset Pemasaran adalah proses identifikasi, pengumpulan, analisis Dan penyebaran informasi ttg masalah-masalah Dan kesempatan-kesempatan pasar secara sistematis, dimana hasil yang diperoleh dipakai sbg bahan pertimbangan untuk membuat keputusan-keputusan untuk mengevaluasi, memonitor Dan mengoptimalkan performa pemasaran.
5. KLASIFIKASI RISET PEMASARAN
a. Riset Identifikasi Masalah : riset potensi pasar, riset pangsa pasar, riset citra merek, riset perilaku konsumen, riset karakteristik pasar, riset penjualan, riset pemasaran, Dan riset tren bisnis.
b. Riset Pemecahan Masalah : riset segmentasi, riset produk, riset harga, dan riset promosi
Carson et al. membagi riset pemasaran ke dlm 3 kategori :
a. Riset Akademik, yaitu riset pemasaran yg dilakukan kalangan akademisi, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pemasaran, baik teori maupun praktek.
b. Riset Bisnis, yaitu riset yg dilakukan oleh dan untuk profesi bisnis, spt yg dilakukan manajer bisnis atau sebuah departemen dalam organisasi. Tujuan riset ini untuk kepentingan bisnis, riset bisnis memiliki landasan dan kerangka ilmiah untuk menjamin reliabilitas dan validitas data yang dikumpulkan.
c. Riset Praktisi, lbh tepat disebut pengumpulan informasi adalah riset yg dilakukan praktisi pemasaran, baik manajer maupun seorang staf secara individual. Tujuannya lbh spesifik misalnya memecahkan masalah yg sedang atau segera terjadi.
6. SYARAT-SYARAT RISET YANG BAIK
a. Tujuan riset dinyatakan dg jelas
b. Proses riset dipaparkan secara terperinci
c. Desain riset direncanakan scr terperinci
d. Memenuhi standar etika
e. Keterbatasan-keterbatasan riset dinyatakan terus terang
f. Kedalaman dan metode analisis dilakukan sesuai kebutuhan
g. Temuan-temuan dikemukakan secara pasti, tidak ragu-ragu
h. Kesimpulan disesuaikan dengan analisis
i. Pengalaman peneliti tercermin
7. PROSES RISET PEMASARAN
· Langkah ke-1 : mendefinisikan masalah riset
· Langkah ke-2 : mengembangkan pendekatan untuk masalah
· Langkah ke-3 : merumuskan desain riset
· Langkah ke-4 : pengumpulan data
· Langkah ke-5 : penyiapan dan analisis data
· Langkah ke-6 : penulisan dan presentasi laporan
8. APAKAH RISET PEMASARAN ITU SELALU PERLU
Tugas riset pemasaran adalah memeriksa informasi yg dibutuhkan, kmd menyediakan informasi yg relevan, akurat, reliabel dan valild bagi manajemen. Kmd manajemen menggunakan informasi tsb dlm pengambilan keputusan.
Ada beberapa faktor yg perlu diperhatikan untuk menilai apakah riset pemasaran itu perlu, yaitu :
a. Relevansi
b. Waktu (timing)
c. Tipe
d. Sifat informasi yg dibutuhkan
e. Ketersediaan sumber daya
f. Analisis biaya dan keuntungan
9. LAYANAN RISET PEMASARAN
Riset pemasaran dpt dilakukan sendiri oleh perusahaan (internal supplier), bisa pula dilakukan perusahaan lain yg menyediakan jasa riset (external supplier).
Maholtra mencatat ada 8 jenis layanan riset pemasaran, yaitu :
a. Syndicated service, layanan yg mengumpulkan informasi bukan atas pesanan klien tertentu
b. Standardized service, layanan riset yg distandarisasi untuk beberapa klien sekaligus
c. Customized service, menawarkan berbagai layanan riset yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan
Limited service suppliers, mengkhususkan diri pada satu atau beberapa tahap dlm proses riset (d,e,f dan/atau g)
d. Field service
e. Coding and entry data service
f. Analysis service
g. Data analysis service
h. Branded product service, layanan yang menyediakan riset pemasaran khusus
10. ETIKA RISET PEMASARAN
a. dlm wawancara, responden perlu diperlakukan scr etis : tdk memaksa, tdk menanyakan yg sensitif, memberikan kebebasan dst
b. kejujuran
c. thdp publik, menghormati tata nilai serta menghindari publikasi hasil-hasil penelitian yg sensitif walaupun hasil itu benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar