Rabu, 04 Januari 2012

S U R V E I

S U R V E I
Survei adalah metode riset yg dalam pengumpulan data primer melakukan Tanya jawab dengan responden.
Survei dilakukan terhadap sampel yg diharapkan mewakili populasi à Sampel yg representative.
Kelebihan Survei :
1.      Prosesnya dapat dilakukan secara cepat dan efisien
2.      Karena pertanyaannya terstruktur, maka hasilnya reliable dan akurat
3.      Penggunaan pertanyaan respons tetap, mengurangi variabilitas hasil
4.      Pengkodean, analisis  dan interpretasi data relative sederhana dalam survey.

Kelemahan Survei :
1.      Responden tidak mampu menjawab pertanyaan, karena tidak memahami atau tidak ingat yang mereka lakukan
2.      Responden tidak mau menjawab pertanyaan karena pewawancara tidak dikenal atau karena pertanyaan terlalu pribadi
3.      Responden memberikan jawaban walaupun tidak memahami pertanyaan, tujuannya hanya agar terkesan pinter
4.      Responden memberikan jawaban hanya untuk menyenangkan pewawancara
5.      Responden tidak memiliki waktu untuk diwawancari
6.      Wawancara dapat dianggap mengganggu privasi

Metode Kontak :

1.      1. Secara Langsung (Personal Interview)
2.      2. Pos (Mail Interview)
3.      3. Kontak Telepon (Telephone Interview)
4.      4. Kontak e-mail
5.      5. Kontak Langsung

Kontak Pos
Kontak ini dilakukan dengan mengirimkan kuesioner melalui jasa pos.
Kelebihan :
1.      Biaya per responden rendah
2.      Responden juga dapat memberikan jawaban yg lbh jujur dibandingkan wawancara langsung atau melalui telepon
3.      Bias yg terjadi karena pengaruh wawancara, dapat dikurangi
Keterbatasan :
1.      Tidak fleksibel, dimana semua responden menjawab pertanyaan yg sama. Pewawancara tidak memiliki kesempatan untuk menyesuaikan pertanyaan dengan jwaban responden
2.      Cara ini biasanya membutuhkan waktu lama, dari kuesioner dikirimkan sampai diterima kembali
3.      Tingkat respon, yaitu persentase kuesioner yg dikembalikan dari kuesioner yg dikirmkan biasanya sangat rendah (70 % tidak menjawab).

Metode Faks
Jika kuesioner dikirimkan melalui faksimili, kelebihannya sama seperti kelebihan dalam metode kontak  pos hanya ditambah dengan :
Kuesioner dapat cepat sampai ke partisipan, demikian pula balasan dari partisipan ke pewawancara
Keterbatasan :  sama dengan keterbatasan dalam metode kontak pos, hanya ditambah :
1.      Privasi berkurang karena kuesioner muncul dalam mesin faks. 
      Apakah responden memiliki mesin faks sendiri ? kalau Ya, masalah teratasi, kalau tidak ?
2.      Karena tidak semua orang mempunyai mesin faks, sehingga partisipan yg dapat dihubungi terbatas
3.      Biaya mahal, palagi dalam jumlah lembar kuesionernya banyak
4.      Format kuesioner tidak sebagus aslinya

Kontak Telepon (Telephone Interview)
Kelebihan :
1.      Data dapat dikumpulkan secara cepat. Pewawancara tidak perlu mendatangi responden, cukup menghubungi melalui telepon
2.      Lebih fleksibel, sebab pewawancara dapat menerangkan pertanyaan yg sulit
3.      Tingkat resposnya umumnya tinggi
Kelemahan :
1.      Biaya per responden tinggi, apalagi saluran interlokal maupun internasional
2.      Orang-orang sulit membicarakan pertanyaan yg bersifat pribadi dengan pewawancara
3.      Tidak semua orang memiliki telepon, jumlah partisipan terbatas
4.      Kendala keterbatasan waktu (maksimum 10 mneit)

Kontak e-mail
Keuntungan kontak e-mail adalah semua keuntungan dalam metode kontak pos dan kontak faks, ditambah dengan :
1.      Privasi partisipan terjaga karena kontak surat elektronik hanya bisa dibuka oleh pemiliknya, kecuali kalau passwordnya diberikan kpd orang lain
2.      Kuesioner dapat diformat menarik dengan simulasi gambar hidup atau suara.
Kerugiannya adalah :
1.      Jumlah partisipan yg memiliki e-mail, apalagi yg diketahui alamatnya terbatas
2.      Sering terjadi gangguan, mungkin karena janringan rusak atau padat.

Kontak Langsung
Kontak Langsung dapat dibagi menjadi : Wawancara Individu dan Wawancara Kelompok

Wawancara Individu adalah wawancara yg dilakukan untuk satu orang. Dapat dilakukan dimana saja responden dapat ditemui dan bersedia di wawancarai.
Kelebihan :
1.      Pertanyaan dan jawaban dapat dilakukan secara jelas
2.      Dapat digali informasi yang lebih terperinci
3.      Fleksibel, pertanyaan dapat disesuaikan dengan responden
4.      Pewawancara terlatih dapat menerangkan topic yg dibicarakan secara gamblang
5.      Pewawancara dapat menggunakan alat-alat peraga untuk mengefektifkan komunikasi
Keterbatasan :
1.      Biaya tinggi, sebab dibutuhkan waktu dan uang untuk menemui responden
2.      Memerlukan orang yang ahli wawancara
3.      Jawaban bisa bias karena pengaruh kontak pribadi antara pewawancara dan yang diwawancarai.

Wawancara Kelompok adalah wawancara yg diikuti enam sampai sepuluh orang responden. Dalam wawancara seperti ini dibutuhkan panduan kuesioner. Melalui kuesioner ini pewawancara mengajukan pertanyaan, apabila  pertanyaan sulit atau kurang dimengerti pewawancara dapat menjelaskan.
Keuntungan :  lebih efisien karena pewawancara menghadapi beberapa partisipan sekaligus.
Kelemahan : jawaban partisipan bisa terpengaruh oleh orang/kelompok lain. Partisipan  tidak bebas karena privasinya rendah.

Metode Kontak mana yang paling baik ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar